Welcome In MR SYEH BLOG

Rabu, 30 Desember 2009

menulis arab di hp

Sebenarnya ada beberapa cara agar handphone kita (terutama nokia yang beroperasi sistem symbian) dapat menulis arab, diantaranya caranya adalah :
  1.  Beli handphone langsung di arab atau keluaran langsung dari Eropa yang mayoritas firmware pada handphone disana sudah dilengkapi software berbahasa arab, baik bahasa arab sebagai bahasa telepon (menu dll) maupun bahasa arab  untuk tulisan (write text). Handphone jenis ini di Indonesia sering disebut sebagai HP BM (Black Market) yaitu handphone yang dijual secara tidak resmi (ilegal) dengan tidak melewati prosedur impor yang normal atau tidak melewati distributor resmi Indonesia. Handphone jenis ini bisa juga kita beli langsung pada saat kita sedang berkunjung kedaerah sana.
  2. Install software (firmware) tambahan bahasa arab di Dealer atau Nokia Care Point atau bisa juga di counter-counter handphone yang menyediakan software (firmware) bahasa arab tersebut, sepertinya agak jarang menemukan counter yang telah menyediakan software bahasa arab, mungkin di Roxy ada
  3.  Menggunakan aplikasi tambahan untuk menulis arab. Untuk yang satu ini coba ditanyakan saja langsung kepada Om Google, karena jika kita mengikuti forum-forum handphone, maka akan kita temukan aplikasi tersebut. Atau bisa dicari juga di www.getjar.com, tapi aplikasi dari getjar tidak freeware melainkan shareware atau trial, jadi ada waktunya aplikasi tersebut tidak dapat beroperasi lagi melainkan harus beli.
  4. Cara yang terakhir adalah dengan menambahkan file bahasa arab di system handphone kita. Untuk yang keempat ini, setelah saya test, ternyata hanya berfungsi di handphone Nokia Operating System (OS) 8.X, seperti Nokia 6630, 6680, dan N70                                                                                                                                                                  Untuk Point 1 dan 2, saya rasa tidak perlu dibahas didalam tulisan ini, adapun untuk Point 3 dan 4, saya akan uraikan sedikit didalam tulisan ini.

Tidak ada komentar: